Rabu, 10 Oktober 2018

ANGKUTAN UMUM DI INDONESIA


Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam jenis angkutan umum, hal ini dikarenakan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan. Berikut ini adalah jenis angkutan umum yang biasa dipakai di negara Indonesia.



A.      DARAT




1.       BUS

Di Indonesia banyak sekali tipe bus yang dijadikan angkutan umum , seperti Bus Antar Kota, Bus Metromini, Bus Trans, Bus Sekolah, Bus Kampus, dll





2.       Kereta Api

Kereta api merupakan bentuk angkutan umum yang lazim digunakan untuk perjalanan jauh, biasanya antar kota atau propinsi. Di indonesia banyak sekali jenis kereta api yang telah di operasikan, mulai dari kereta api jadul yang memakai batubara sampai sekarang yang kereta api cepat.



3.       Angkot (Angkutan Kota)

Angkot adalah model angkutan umum beroda empat yang rutenya sudah ditetapkan. Angkot  juga merupakan kendaraan angkutan umum yang sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia, karena angkot merupakan satu-satunya  jenis angkutan umum beroda empat yang sangat terjangkau tarifnya dan juga rute dari angkutan umum ini dapat menjangkau pemukiman masyarakat, tidak seperti bus yang harus menaikkan dan menurunkan penumpang hanya pada halte-halte yang telah ditentukan.



4.       Ojek 


Ojek adalah model angkutan umum beroda dua yaitu sepeda motor atau sepeda, tetapi seiring perkembangan zaman ojek sekarang hanya berupa sepeda motor. Di Indonesia ojek merupakan jenis angkutan umum yang tidak di akui oleh pemerintah, tetapi masih diperbolehkan karena kebutuhan dan permintaan masyarakat yang begitu tinggi. Perkembangan ojek juga sangat pesat, dahulu ojek hanya bisa dijumpai di pangkalan-pangkalan ojek atau yang sementara melintas di jalan raya, tetapi sekarang di kota-kota besar sudah ada beberapa jasa online dari angkutan yang satu ini. Kelebihan ojek dari angkutan umum lainnya adalah ojek dapat melewati sela-sela kemacetan dan juga dapat menjangkau jalan-jalan kecil atau gang-gang yang pada dasarnya tidak dapat dilewati oleh jenis angkutan umum lainnya





5.       Bajaj

Bajaj adalah jenis kendaraan angkutan umum bermotor yang beroda tiga. Bajaj dapat memuat penumpang 2 orang bisa ditambah satu anak kecil. Ciri khas dari kendaraan ini adalah bentuknya yang unik dan suaranya yang berisik walau sekarang sudah ada bajaj yang memakai gas dan listrik yang suaranya lebih halus.


6.       Becak

Becak merupakan model angkutan umum beroda tiga. Di Indonesia ada 2 jenis becak yang beroperasi yaitu becak konvensional atau becak kayuh dan becak bermotor. Yang unik dari kendaraan becak di Indonesia adalah letak pengemudi yang berada di belakang, walaupun ada sebagian di daerah Sumatera yang pengemudinya di samping. 




7.       Delman

Delman adalah jenis angkutan umum tradisional yang beroda dua, tiga atau empat dan menggunakan kuda sebagai tenaga penggerak. Delman sampai sekarang masih digunakan dibeberapa daerah di Indonesia, yang sangat populer yaitu di Derah Yogyakarta. 




B.      LAUT / DANAU / SUNGAI


1.       Kapal 


Kapal adalah kendaraan angkutan umum yang memuat penumpang dan barang dengan tenaga mesin diesel serta nuklir. Jenis kapal yang digunakan di Indonesia tergolong banyak. Mulai dari kapal yang bermuatan lebih dari 2000 orang hingga kapal perintis yang jumlahnya lebih sedikit dari itu. Di Beberapa daerah di Indonesia ada yang menyebut dengan kapal cepat.

2.       Feri

Feri merupakan angkutan umum penyeberangan berjarak dekat, feri biasanya digunakan sebagai penghubung atau transit langsung dua daerah untuk mengangkut kendaraan didarat seperti mobil sepeda motor dan lainnya dengan biaya lebih kecil dari jembatan atau terowongan.

3.       Perahu / Sampan

Perahu atau sampan adalah jenis angkutan umum untuk mengangkut penumpang dan barang yang terbuat dari kayu atau papan. Jumlah penumpang dari perahu ini biasanya 2 – 8 orang tergantung besar dari perahu tersebut. Perahu masih banyak dijumpai disemua daerah di Indonesia.

4.       Rakit 

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa rakit adalah jenis angkutan umum yang kuno yang tidak lagi digunakan sekarang ini. Tetapi faktanya dibeberapa daerah di Indonesia, Rakit masih digunakan untuk melintasi sungai atau danau dengan jarak dekat. Tidak jarang rakit juga difungsikan seperti feri sebagai pengangkut kendaraan darat lainnya.

C.      Udara

1.       Pesawat Terbang

Di Indonesia jenis pesawat terbang yang digunakan juga sangat banyak. Dari pesawat terbang yang sangat besar seperti tipe BOEING sampai jenis pesawat terbang yang kecil.

2.       Helikopter

Helikopter banyak digunakan sebagai angkutan umum di Indonesia di daerah pegunungan yang tidak dapat di lintasi oleh jenis kendaraan lainnya. Biasanya juga helikopter di gunakan untuk perjalanan komersil.


Demikianlah Jenis-Jenis angkutan umum yang dipergunakan di Indonesia.

sampai jumpa di lainwaktu yang berbeda


jagan lupa kunjungi situs kami ya di JasAangkutJogja.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar